Translate Website Anda (Google Optimal #1}

11/12/08

Translate Website Anda (Google Optimal #1}




Ini cara cerdas mempublish website anda agar bisa dibaca oleh semua orang di belahan dunia. Betapa tidak, website Anda bisa dirubah (translate) isinya ke bahasa lain. Lebih dari 20 bahasa asing, HANYA dengan SEKALI KLIK!. Google translator memang ajaib. Saya punya trick dan tipsnya, silakan simak sendiri.

Langkah 1
Buka halaman google translate:
http://translate.google.com/translate_t#



Di dalamnya terlihat jendela halaman yang terdiri dari Translate Text dan Translate a Web Page. Translate Text digunakan untuk mentranslate text secara manual. Satu persatu. Sedangkan pada bagian Translate a Web Page digunakan untuk mentranslate halaman web sekaligus. Anda tinggal ketikkan saja ALAMAT>PILIH bahasa A->B>TRANSLATE, dan tunggu sampai selesai. Mesin Google akan mentranslate secara otomatis. Waktu yang dibutuhkan hanya sebentar, 1-2 menit. Cukup cepat bukan?

Langkah 2
Ada pertanyaan, bagaimana jika kita ingin mentranslate otomatis setiap halaman website yang kita inginkan?TENTU SAJA TIDAK PERLU SATU PERSATU. Gampang! Google Translate punya jawabannya. Yup, Google Gadget. Langsung saja buka:
http://translate.google.com/translate_tools



Tenang! jangan bingung dengan tampilannya. Yang perlu dilakukan adalah meletakkan gadget BAHASA INDONESIA ke TOOLBAR BROWSER ANDA (dlm kasus ini Mozilla). Lihat gambar di bawah ini:



Langkah 3
Arahkan mouse Anda ke kotah bahasa Indonesia, tekan dan DRAG ke atas toolbar Mozilla, lalu lepaskan. Sekejab gadget google tools akan menempel di toolbar mozilla.

Langkah 4
Kini saatnya untuk merasakan kedasyatan tool ini. Anda tinggal mencari website bahasa asing apa saja (yg tercantum dlm list bahasa), setelah terbuka KLIK TOOL BAHASA tadi. Tunggu beberapa saat dan lihat saja hasilnya ;)

SEBELUM




SESUDAH




Perhatikan bahasanya berubah setelah ditranslate, hanya menunggu sekitar 20 detik.

Selamat mencoba.......to be continue




0 komentar :