CHIP: Edisi 3D Animasi

3/30/12

CHIP: Edisi 3D Animasi



Ceritakan awal mula berdirinya komunitas Blender, dimana, kapan, dan siapa saja
pendirinya?


Sejarah Komunitas Blender Indonesia
Sebelum adanya Blender Indonesia ORG, banyak komunitas atau individu yang rata-
rata adalah pelaku animasi membuat blog atau situs sendiri-sendiri. Tidak ada kesatuan
didalamnya sehingga mempersulit proses pertukaran informasi dan akses pembelajaran,
dimana kondisi tersebut terjadi sekitar tahun 2007-2009.

Lalu pada di awal bulan Agustus tahun 2009, berdirilah Blender Indonesia ORG dengan
pendirinya adalah Subiyantoro (dikenal dengan nickname HizaRo di komunitas Blender
Indonesia ORG). Dengan memanfaatkan relasi dan social networking Facebook, Blender
Indonesia kemudian menjadi cepat berkembang dan dikenal oleh banyak komunitas, dan
anggota baru bermunculan setiap hari dan menyambut baik atas kehadiran forum ini,
dengan misinya saat itu adalah komunitas Blender yang bersatu.

Selang 2-3 bulan sejak peluncuran perdananya, lahirlah [dot]BlendMagz, majalah Blender
Indonesia yang terbit 2 bulan sekali dan bisa di-download secara free tersebut, merupakan
dokumentasi karya dan event-event komunitas Blender dan open source.
Apa visi dan misi didirikannya komunitas Blender?
 
VISI
- Membangun industri kreatif berbasis FOSS dan menjadikannya sebagai sumber
devisa Negara.
- Menciptakan peluang kreatif secara legal dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat
Indonesia.

MISI
- Menciptakan ekosistem animasi secara benar berbasis FOSS kepada generasi muda
(usia 15-30) agar terbentuk satu generasi yang sadar akan HAKI sehingga mampu
menciptakan mental bangsa dan bias bersaing secara benar di kancah internasional.
Mengadakan berbagai kegiatan pengenalan, pelatihan, workshop FOSS khususnya
kreatif ke SMK dan perguruan tinggi.
--------------------------------------------------
Komunitas Blender Indonesia ORG adalah komunitas online penggemar animasi 3D
berbasis software Blender 3D dan Free or Open Source Software (FOSS). Komunitas ini
berdiri atas dasar tujuan yang sama yaitu mewujudkan ekosistem animasi berbasis open
source melalui software Blender.

Blender sendiri dipilih karena menjadi software animasi open source terbaik dan
mempunyai feature yang all in one, artinya cukup dengan satu software sebuah animasi
hebat bisa diwujudkan, juga lintas platform OS (operating system) berjalan di Linux,
Windows, Mac, Free BSD, dll. Selain itu dukungan pengembang dan komunitasnya sangat
berkembang pesat di dunia, memudahkan untuk bekerjasama, berdiskusi, mengembangkan
dan tukar-menukar informasi.

Blender Indonesia ORG berdiri untuk menjawab kegelisahan pengguna Blender dan pelaku
animasi yang menginginkan sebuah wadah baru untuk berdiskusi dan berbagai hal lain.
Salah satu tujuan yang paling ingin segera dicapai adalah memberantas/mengurangi
pembajakan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang banyak terjadi dinegara ini, dunia kreatif
pada umumnya dan animasi pada khususnya.

Apa saja kegiatan online atau offline yang dilakukan oleh para anggota komunitas
Blender?


Kegiatan komunitas terdiri dari workshop, gathering, seminar, dan pelatihan
(sosialisasi). Baik yang diselenggarakan oleh Blender Indonesia ORG sendiri atau atas
inisiatif pihak diluar Blender Indonesia ORG maupun sponsor.
Dalam komunitas Blender Indonesia ORG, terdapat beberapa kegiatan utama yang
dilakukan bersama baik secara offline maupun online yaitu:

Gathering
Gathering komunitas Blender Indonesiaa ada 2 macam. Pertama, gathering online yang
diadakan setiap minggu malam melalui chatbox di forum, dan kedua, gathering offline,
yaitu dengan mengadakan pertemuan tatap muka antar anggota forum.

Workshop & Seminar
Biasanya anggota komunitas bertemu (online & offline) untuk berdiskusi membicarakan
perkembangan animasi khususnya Blender dan FOSS. Kadang juga sampai ke project dan
teknis software. Secara offline, komunitas biasa bertemu di tempat umum, dan menjalin
keakraban sesama anggota Blender Army .

Berada jumlah anggota yang sudah tercatat hingga Oktober 2011?


Saat ini Blender Indonesia ORG beranggotakan sekitar 600-an orang yang terdaftar aktif di
Forum Blender Indonesia (FBI), dimana anggota Blender Indonesia ORG biasa disebut
dengan “Blender Army”.
FBI sebagai sebuah media dari komunitas virtual Blender Indonesia ORG, yang aktivitasnya
dilakukan mayoritas di ranah internet, saat ini terdapat lebih dari 5400 tema topik diskusi
yang diperbincangkan, dengan 10000 lebih posting yang dilakukan anggota komunitas
tersebut serta terus bertambah dengan berjalannya waktu.

*Admin forum menyeleksi anggota aktif saja, sehingga tetap berkualitas.

Selama berdiri, event apa saja yang sudah dibuat dan sebutkan berapa karya yang
sudah digarap oleh Blender dari para anggotanya?

Event
Berbagai event gathering, workshop, seminar telah digelar. Sebagian besar adalah event-
event yang diselenggarakan kampus (UI, UGM, UBAYA, BUDI LUHUR, UKSW, Gunadharma,
dll), instansi (RISTEK, Depkominfo), Brand (INTEL, AMD, dll), Lembaga Training (BABA
Studio, Mstar, dll), dan masih banyak lagi.
Gathering
Gathering komunitas diselenggarakan oleh anggota di masing-masing daerah regional:
B.A.R.S (Blender Army Surabaya)
BakSo (Blender Army Solo)
BAJAJ (Blender Army Jakarta)
BARAC (Blender Army Cimahi)
Blender Army Bandung
BARJO (Blender Army Jogja)
BLACK (Blender Army Cah Kediri)
BAM (Blender Army Malang)
Blender Army Bali
dll.

Karya-karya:
Komunitas sudah banyak mengeluarkan karya-karya dalam kancah Nasional maupun
Internasional.
Animasi Hebring dari Main Studio Jakarta adalah salah satunya. Pernah mendapat nominasi
Best Animation dalam Suzanne Award 2010 (kompetisi animasi Blender Dunia).
Animasi Si Nini oleh Johantri sebagai animasi pendek yang digarap di Bandung bersama
beberapa rekan juga tercatat sebagai animasi yang terkenal melalui media sosial betwork
(facebook), beserta DVD tutorial yang dikemas dengan sangat apik.

Seruling Project
Seruling Project adalah project open movie pertama dari Blender Army Indonesia. Proses
interaksi, penemuan hal-hal baru, dan pembuktian adalah hal yang akan komunitas
temukan secepatnya. Disini komunitas berbagi, belajar, diskusi, hingga menghasilkan
sesuatu yang berguna bagi perkembangan animasi Open Source di Indonesia .

*Beberapa karya film pendek juga bisa di seerching di Internet atau di forum Blender
Indonesia.


Jelaskan manfaat yang didapat jika bergabung bersama Blender?


Manfaat langsung:
Jejaring komunitas online yang mengapresiasi pembelajaran dalam bentuk tanya jawab
forum. Tutorial yang dibagikan secara gratis dalam bentuk PDF. Memperluas komunitas
sesama pengguna blender da LINUX, sehingga lambat laun terbentuk sebuah industri
dengan kesadaran HAKI yang tinggi dan mampu bersaing.

Manfaat Tidak langsung:
Memberi peluang hadirnya berbagai kemungkinan kreatif seperti lapangan kerja,
freelancer, kota kreatif, mengurangi pembajakan software, membentuk mental
menghargai HAKI, dll.

Apa pesan Anda terhadap para calon-calon 3D designer di Indonesia dengan adanya
komunitas Blender?


Sebelum berkecimpung di dunia kreatif digital, pastikan kita menggunakan tool LEGAL
(yang berlisensi) dan atau menggunakan FOSS (Free & Open Source Software) sebagai
TOOL UTAMA untuk berkarya. Sehingga hasilnya layak untuk dijual tanpa harus melanggar
hukum. Pastikan dengan FOSS kita tidak hanya menjadi PEMAKAI namun BERKONTRIBUSI
secara langsung dalam pengembangan software, OS, dan komunitas.